Agenda Inputing SAKIP

Agenda Inputing SAKIP

Kota Serang - Beberapa pegawai Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten yang terdiri dari pejabat Esellon IV beserta para statnya sedang melakukan proses inputing data kedalam SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) pada aplikasi SIMRAL, serta proses penghitungan target kinerja masing-masing kegiatan pada Seksi/Subag Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten. Kegiatan tersebut dilakukan di Lt. 6 Diskominfo Gedung Terpadu, KP3B, Curug - Kota Serang, Jumat (08/02/2019).


Seperti diketahui, SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. 

Selain SAKIP, ada juga LAKIP yaitu Laporan Akuntablitias Kinerja Instansi Pemerintah, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Nomor 29 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja Dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. LAKIP merupakan laporan kinerja tahunan yang berisi pertanggung jawaban kinerja suatu instansi dalam mencapai tujuan/sasaran strategis instansi.

Adapun manfaat LAKIP antara lain adalah sebagai berikut : (a) Bahan evaluasi akuntabilitas kinerja bagi pihak yang membutuhkan; (b). Penyempurnaan dokumen perencanaan periode yang akan datang; (c). Penyempurnaan pelaksanaan program dan kegiatan yang akan datang; (d). Penyempurnaan berbagai kebijakan yang diperlukan.