Gubernur Buka Rakor TKPK Provinsi Banten Tahun 2018

Gubernur Buka Rakor TKPK Provinsi Banten Tahun 2018

Kota Serang – Dalam menanggulangi kemiskinan di Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) Provinsi Banten Tahun 2018, di Ballroom Bappeda Provinsi Banten, Kamis (30/08/2018).


Kegiatan yang digelar selama dua hari itu (Kamis-Jumat, 30-31 Agustus 2018) dibuka oleh Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim, M.Si. Mengawali sambutannya, Gubernur Banten mengatakan bahwa berbicara tentang kemiskinan dapat dilihat dari berbagai perspektif atau sudut pandang. Maksudnya, kemiskinan itu bukan hanya tentang keadaan ekonomi saja, namun kemiskinan juga bisa bermakna miskin pola pikir (mindset) salah satunya selalu merasa kurang atau tidak pernah banyak bersyukur, miskin mentalitas salah satunya sifat malas.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengatakan bahwa kepedulian seluruh kelompok masyarakat terhadap visi, misi dan strategi serta kebijakan penanggulangan kemiskinan daerah haruslah dapat menumbuhkan minat, komitmen dan dukungan yang kuat untuk ikut berpartisipasi mensukseskan langkah – langkah kebijakan yang telah dibuat

“TKPK dan Kelompok Kerja harus memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai peran dan fungsinya dalam implementasi strategi dan kebijakan penanggulangan kemiskinan, sehingga tumbuh upaya untuk mempersiapkan kapabilitasnya sesuai dengan kebutuhan dan memberikan kontribusinya secara optimal”, ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga selaku penanggung jawab program menyampaikan bahwa upaya – upaya penanggulangan kemiskinan daerah harus terarah. Kapasitas TKPK harus semakin baik dan koordinasi antarstakeholders harus terbangun sehingga upaya – upaya penaggulangan kemiskinan daerah di Provinsi Banten dapat terlaksana tanpa kendala yang berarti.

“Saya berharap setelah kegiatan ini tercapai kesepakatan dan rencana aksi bersama dalam upaya penanggulangan kemiskinan di lingkup Kabupaten/Kota khususnya terkait Satu Data Sasaran Penanggulangan Kemiskinan melalui program Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) tahun 2018”, kata Gubernur.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Ino S. Rawita selaku Wakil Ketua TKPK dan Kepala Bappeda M. Yusuf selaku Sekretaris TKPK. Hadir pula para Asisten Daerah Provinsi Banten, Staf Ahli Gubernur, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Banten atau yang mewakili, Pemerintah Kabupaten/Kota selaku Ketua TKPK, instansi/lembaga lainnya yang berkaitan acara tersebut.