Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi
Rapat Koordinasi
Rapat Koordinasi
Rapat Koordinasi

Kota Serang - Dalam rangka pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi serta evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, maka Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten melalui Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tepatnya Seksi Pengelolaan Teknologi Informasi, menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan agenda pengelolaan server jaringan interkoneksi dan web/aplikasi, gangguan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di OPD, evaluasi SPBE. Acara tersebut bertempat di ruang rapat Lt. 2 Gedung Dinas Perhubungan, KP3B Curug – Kota Serang, Rabu (26/02/2020). Rakor tersebut diikuti oleh 43 peserta OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Banten.


Acara yang berkonsep diskusi dan tanya jawab tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Rosmawati mewakili Kadis Kominfo. Dalam kesempatan tersebut, Kabid TIK Rosmawati menyampaikan beberapa hal antara lain eksisting infrastruktur TIK yaitu mengelola data center, jaringan dan akses internet. Selain itu disampaikan pula bahwa melalui bidangnya, Diskominfo telah memberikan fasilitas bandwith internet untuk diluar area KP3B seperti gedung RSUD Banten, gedung Dharma Wanita Persatuan Provinsi Banten, gedung KORPRI Provinsi Banten, museum Banten Lama, bahkan jalur CCTV Polda Banten dan gedung PKK.

Terkait fasilitasi bandwith, disebutkan Kabid TIK adapun beberapa OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Banten yang mendapat fasilitas bandwith seperti Dinas Kelautan 65Mbps, Badan Kesbangpol 40Mbps, Bappeda 120Mbps, Dinas Perhubungan 100Mbps, Setda 180Mbps, Inspektorat 100Mbps. Selain itu, adapun beberapa hal yang sudah dikelola bidang TIK seperti SP4N LAPOR, email bantenprov, monitoring cctv, monitoring website, aplikasi OPD dan smsblast. Terkait monitoring website OPD diharapkan agar selalu melakukan uprading website maupun updating konten website. Adapun upgrading website dapat di koordinasikan di seksi Pengembangan Aplikasi Rahmat Tamam. Sedangkan upgrading website terkait tampilan website terdapat enam template website yang dapat dipilih oleh OPD. Ditambahkan Rahmat Tamam bahwa aplikasi yang dapat terintegrasi dengan domain bantenprov.go.id.

Di penghujung acara, Kadis Kominfo Komari mengikuti acara tersebut setelah sebelumnya mengikuti agenda Gubernur di Pendopo. Adapun yang disampaikan Komari terkait evaluasi SPBE yakni bahwa SPBE dan e-gov itu adalah sama hanya saja SPBE itu lebih di review terutama di integrasikan dan di kolaborasikan. Sedangkan terkait konten website harus ada koordinasi antara admin website dengan bidang-bidang di masing-masing OPD.

Di akhir acara, Kasi Pengelolaan Teknologi Informasi Esa menyampaikan kepada semua peserta jika ada permasalahan atau keluhan terkait dengan jaringan akses internet dan aplikasi dapat disampaikan melalui helpdesk.bantenprov.go.id seperti reset password atau yang lainnya.